Cara Mengatasi 'The application cannot be started. Try reinstalling the application to fix the problem' Windows 10


Saya menemukan masalah ketika akan menjalankan aplikasi pemutar musik Groove. Ketika dijalankan aplikasi enggan terbuka dan mengeluarkan warning dengan tulisan "The application cannot be started. Try reinstalling the application to fix the problem."


Beberapa kalo mencoba untuk restart hingga shut down, tapi masalah ini masih belum terselesaikan. Lalu bagaimana cara mengatasinya? Berikut ada 2 metode yang bisa dicoba.

PERTAMA

Mencoba untuk mencari masalah lewat 'Run Troubleshooter' untuk aplikasi Windows. Berikut link yang bisa dikunjungi untuk melakukan hal tersebut.

https://support.microsoft.com/en-us/help/4027498/windows-run-the-troubleshooter-for-windows-apps


Silahkan klik tomblo 'Run Troubleshooter' kemudian secara otomatis kita akan mengunduh 'App Diagnotic Windows 10', klik kemudian ikut langkah selanjutnya.

Ternyata saya menemukan masalah pada login akun Microsoft. Memang beberapa hari sebelumnya saya sempat mencoba untuk membuat akun tetapi saya close karena tidak jadi.

Masalahnya sederhana, kita hanya perlu membuka halaman Account pada Setting. Aplikasi Groove kembali bisa saya jalankan.

KEDUA

Dengan me-reset Windows App Store. Caranya:

1. Pada menu Search ketikkan 'Run' kemudian enter. (Bisa pula dengan menekan Windows + R)
2. Kemudian ketik 'WSReset.exe' lalu enter.


Maka Windows App Store anda sudah ter-reset dan aplikasi kembali bisa dijalankan.

Semoga artikel ini bisa membantu anda.

Comments

Popular posts from this blog

Kucing anda sakit? Jangan panik.