Alasan Induk Kucing Memakan Anaknya Sendiri


Pada bulan Mei lalu, saya berangkat kuliah sore dengan perasaan damai meninggalkan 4 ekor anak kucing dan induknya digarasi rumah. Waktu itu kondisi rumah rame karena mau ada acara. Jadinya garasi sering terbuka dan kucing lain mungkin jadi bebas lalu lalang.



Betapa kecewanya sepulang kuliah anak kucing saya berkurang jadi 3. Ternyata menurut laporan orang rumah kucing yg satunya dibawa kabur kucing jantan tak dikenal. Tetangga bilang sudah mati dimakan. Sedihnya..

Kemudian saya usap2 anak kucing yg tersisa beserta induk. Saya biarkan mereka tidur digarasi dan didalam kotak.

Pagi2, saya dikagetkan lagi karena sang induk ternyata memakan anaknya sendiri. (Yg dibawa kabur kucing jantan, kitten betina. Yg dimakan induknya, kitten jantan).

Lalu saya mulai berpikir alasan apa yg membuat sang induk memakan anaknya? Padahal si induk sudah saya didik jadi kucing baik2 loh. Dari 4 kelahiran, baru kelahiran anaknya yang ke 5 ini si induk pernah memakan anaknya.

Saya mulai mengaitkan dengan kejadian anaknya yang dibawa kabur sama kucing jantan sore kemarin. Kira-kira ada gak ya? Wah, setelah melakukan searching saya menemukan jawabannya yang paling terkait erat sama hal tersebut.

Si induk tidak mengenali aroma anaknya sendiri lagi karena sudah tersentuh oleh kucing asing. Ya, telat sekali. Mungkin ketika si jantan akan mencuri anak kucing. Ia memilih terlebih dahulu dengan menjilati.

Kemudian setelah dapat yg diinginkan, dibawa kabur deh tuh kucing. Terus kucing lain yang setelah dijilat kucing jantan tadi tidak dikenali lagi aromanya oleh sang induk.

Wah, menyebalkan sekali kucing jantan yang tadi. Padahal kucing jantan yang menghamili si induk kucing (aduh gimana ya bahasanya hahaha) pokoknya si bapaknya anak2 kucing dirumah saya justru tidak pernah berani memakan mereka. Galak, tapi tidak pernah makan anaknya tersebut.

Kalau anaknya sudah bisa jalan2 si bapak ini malah tidur sama2 anaknya (pengalaman sama kitten sebelumnya). Aduh, nyesel banget gak dibersihkan dulu si anak2 kucing sebelum kembali tidur sama induk betinanya. Jadi dikira bukan anaknya dan dimakan. Hiksss

Jadi intinya begini deh,

Jika seorang kucing jantan mencoba membawa kabur atau sudah berhasil membawa kabur anak kucing, anak kucing yang tersisa lainnya harus kalian elus-elus atau usap-usap karena aroma tangan kita sudah pasti dikenali oleh sang induk.

Semoga membantu ya!

Comments

Popular posts from this blog

Kucing anda sakit? Jangan panik.