Bunyi Gesekan Pada Motor Matic, Mungkin Ini Peyebabnya!


Motor matic saya, Suzuki Spin 125 keluaran tahun 2010. Selama ini pakai motor merek Suzuki kendalanya paling di ban yang sering sekali kempes dan bocor. Tapi setelah diganti tubless, alhamdulillah keluhan ban bocor sudah tidak pernah.

Jujur saja sih, kalau urusan motor atau kendaran saya sebagai perempuan cuma bisa memakai. Soal service dan memperbaiki itu kebanyakan diurus sama ayah saya.

Pakai motor keluaran Suzuki itu enak sekali. Dari motornya yang selalu punya desain yang dinamis, ramping, tarikan gasnya juga kencang. Tapi setelah 6 tahun bersama kemana-mana dan jarang saya manjakan ke tempat service, mulai deh timbul satu persatu masalahnya.

Mulai dari starter tangan mati, terpaksa untuk pertama kalinya saya starter pakai kaki. Dari yang awalnya tidak bisa standar berdiri motor, karena terpaksa akhirnya saya pun bisa.

Kemudian muncul lagi masalah bunyi seperti 'ngik ngik' jika menekan rem. Awalnya saya tidak ngeh, tapi lama kelamaan saya tau asal suaranya dari rem tangan ban depan.

Setelah dibawa ke bengkel resmi, ternyata eh ternyata kanvas rem yang sudah harus diganti. Usai diganti, malah terasa tidak nyaman menekan rem depannya. Saya harus menekannya dalam-dalam baru bisa di rem total.

Butuh adaptasi biar terbiasa. Tapi saya cari tahu lagi apa penyebabnya, ternyata karena terlalu lama baru diganti, kanvas rem memakan piring cakram. Oleh karena itu motor saya diharuskan ganti piringan cakram yang memang sudah tipis.

Sempat khawatir dengan bunyi itu ya, tapi jangan panik. Tidak apa-apa kok, semua masalah bisa diatasi abang bengkel. Saran, sering-sering service motor. Kalau manusia butuh salon, maka motor butuh bengkel buat diservice kenyamanannya.

Comments

Popular posts from this blog

Kucing anda sakit? Jangan panik.