Pengalaman Pertama Kali Donor Darah



Hai, kali ini saya ingin sedikit berbagi pengalaman saya saat mengikuti donor darah untuk yang pertama kalinya. Sebenarnya niat saya untuk donor darah sudah lama, kemudian melihat teman kuliah ada yang donor darah keinginan itu semakin memuncak.



Saya rajin mencari info dimana yang mengadakan donor darah, karena sebagai pemula saya gak pede buat ke PMI langsung untuk berdonor. Lalu saya menemukan pengumuman di Instagram yang mengabarkan tentang ada donor darah yang diadakan di RRI Pontianak.

Waktu itu awal bulan Maret 2017, saya lupa tanggalnya. Hari H acara itu saya sebenarnya juga lagi ngejar-ngejar dosen PA buat minta TTD karena PKRS.

Ceritanya gak jadi ambil skripsi karena ternyata mata kuliah masih ada bersisa (kzlnyaaa minta ampun, niat kuliah 1,5 tahun jadi lebih). Tapi saya memutuskan untuk ikut dulu donor darah karena acaranya jam 8 pagi.

Saya pikir ya mungkin acaranya cuma ambil darah terus pulang. Dari rumah sudah nyiapin mental biar gak pingsan ngelihat darah diambil sekantong.

Jam 7 saya berangkat, saya singgah dulu ke tempat makan bubur di sekitaran sungai jawi (bubur Cirebon, depan gang bukit apa ya lupa deh). Sedikit review, buburnya enak wkwkwk lebih enak dari bubur Jakarta (gatau sih apa bedanya tapi lebih enak yang Cirebon).

Selesai makan saya langsung gas pol ke TKP donor darah. Sampai disana tepat waktu jam 8 saking niatnya loh. Ternyata masih kata sambutan gitu dari bapak-bapak sama ibu-ibu gitu deh.

Ini rentetan kejadiannya:

1. Pertama datang disuruh isi formulir untuk mengisi data diri.
Di form ini kamu disuruh mengisi nama, tangga lahir dll terus ditanyain apakah sudah pernah berdonor, jika sudah ini donor ke berapa dsb.

2. Kemudian menyerahkan form yang sudah diisi ke panitia.
Setelah dikasi ke panitia, dapat kue kotak wkwkwk isinya kue ringan + telur. Ya dapat telur kan supaya energinya balik lagi setelah donor.

3. Dipanggil, ditensi, diperiksa.
Nah sembari menunggu, saya ternyata dilirik sama pihak radio karena penampilannya mungkin muda sendiri diantara ibu-ibu dan bapak-bapak disitu.

Sampai-sampai ikut diwawancara (masuk radio saya wkwkwk bangga bener pffffft padahal yang dengar pun gak kenal). Ditanyain lah pertama kali donor, kenapa ingin mendonor. Ya saya jawab karena ingin membantu sesama, panggilan jiwa, manfaat berdonor juga baik untuk kesehatan (bisa buat diet loh).

Selepas diwawancarai, kemudian saya masih nunggu lama banget sampe 2 jam nunggu gilirannya. Setelah dipanggil, saya ditensi. Dan jeng jeng jeng. baru ditensi kata ibu-ibunya darah saya rendah waktu itu sekitar 90/100 atau berapa ya agak lupa.

Ibu-ibunya bilang, kamu tidur larut malam ya? Perasaan gak juga sih, tapi emang darah saya suka rendah. Dan kabar sedihnya, saya jadi tidak bisa donor darah :((((((((((

Sedih sekali, padahal sudah nunggu giliran 2 jam. Tapi salahnya, saya gak minta tensi dulu sama yang stand by pemeriksaan gratis (asam urat, gula dll) itu. Kalau saja saya periksa dulu tak akan seperti itu hahaha

Akhirnya saya pulang dengan tangan hampaaaa....

Ya begitulah pengalaman saya pertama kali berdonor darah. Mantap ya? Gak pingsan kok pulangnya gara-gara liat darah hahahahaha gagal total huhuhu

Comments

Popular posts from this blog

Kucing anda sakit? Jangan panik.